Kamis, 26 April 2012

Kepribadian meurut Aliran Humanistik


Haiiiii ketemu lagi di blog gw yang satu ini dengan topic yang beda. Kali ini aku akan berusaha untuk membantu kalian mempelajari psikologi lhooo…. Jadi baca dengan seksama dan pahami ya kawan.. yuk kita mulai aja belajar bersamanya.. hehe aku akan buat penjelasan yang insyaalah bisa mempermudah temen-temen untuk lebih mengeerti apa itu yang dimaksud… yukkk simakkk. Pengertian aliran humanistic tentang kepribadian sehat adalah menekankan pada pengertian diri tentang self.
Atkinson dkk(1983) menyatakan bahwa teori kepribadian yang mendekati objek studinya secara fenomenologis sebenar-benarnya terdiri dari berbagai teori yang berbeda, tetapi mereka mempunyai dasar yang sama yaitu : pengalaman subjektif, aliran humanistic menekankan teori-teorinya pada kualitas-kualitas yang membedakan manusia dari binatang. Membahas pengalaman-pengalaman batin, pribadi, yang berpengaruh pada proses kedewasaan diri seseorang.
  • Konsep diri
Rogers mendasarkan diri pada kecenderungan tiap individu untuk mengevaluasi pengalamannya sehubungan dengan konsep dirinya yaitu seperti “aku”, “siapa aku?” dll. Setiap individu mempunyai citra diri yang ideal (ideal self)
  • Aktualisasi diri
Rogers dan Maslow beranggapan bahwa setiap orang akan selalu berusaha mengembangkan dirinya semaksimal mungkin. Aktualisasi diri juga merupakan mewujudkan segenap potensi yang ada atau dibawa sejak lahir. Menurut Maslow, orang yang berhasil dalam usahanya tersebut akan merasakan pengalaman-pengalaman puncak.

Nahh untuk meningkatkan aktualisasi diri,motivasi diri juga berpengaruh dalam usaha seseorang untuk mewujudkan yang di inginkan. Adapun perbedaan antara aliran humanistik dengan behaviorisme yang di pelopori ole J.B. Watson(1879-1958) yaitu

  1. aliran humanistic menekankan pada konsep diri (self) tati behaviorisme pada respon-respon yang dihasilkan sebagai elemen-eleman
  2. aliran humanistic menekankan pada pengevaluasian diri yaitu mencari tahu “siapa aku?” yang di pengaruhi oleh perilaku bawaan tetapi behaviorisme menekankan pada perilaku yang di pelajari dan menolak kecenderungan perilaku bawaan.
  3. aliran humanistic memfokuskan pada pengalaman subjektif yang membedakan manusia dari binatang, sedangkan behaviorisme memfokuskan pada perilaku binatang

Allport
Nahh sekarang inilah penjelasan Allport tentang kepribadian sehat. Allport dan Odbert pada tahun 1963 mendaftarkan 17.953 kata dalam bahasa inggris yang digunakan untuk melukiskan perilaku manusia. Hingga menjadi 171 kata,setiap kata yang dalam daftar ini dianggap dapat mewakili suatu trait. Kemudian Allport mengelompokkannya jadi 3 bagian yaitu:
  1. Cardinal traits adalah traits yang paling dominant sehingga hampir semua perilaku manusia dapat ditelusuri kembali kearah traits ini. Traits yang sangat luas cakupannya tetapi sangat berpengaruh.
  2. Central  traits adalah suatu ciri-ciri yang menonjol tetapi tidak seluas cardinal. Istilah yang digunakan untuk melukiskan traits dalam suatu surat rekomendasi yang baik atau yang dipakai seorang rater dalam menilai tingkah laku seseorang. Menurut Allport jarang orang yang memiliki lebih dari 12 centarl traits.
  3. Secondary traits adalah cirri-ciri yang berpengaruh pada situasi-situasi yang amat terbatas,seperti: “senang coklat”.

Dengan begini kita dapat belajar dengan mudah. Juga dapat memahami perbedaan aliran humanistic dengan behaviorisme. Makasih ya sudah berkunjung, semoga bermanfaat. Terimakasih, jangan lupa tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di bawah sini… hehe

1 komentar:

  1. salam, saya dari staff gunadarma.
    disini saya ingin berbagi link untuk masuk website gunadarma.
    silahkan kunjungi di:

    http://www.gunadarma.ac.id/

    untuk itu harap cantumkan link gunadarma di blog/web pribadi anda.

    terimakasih..

    BalasHapus